Rabu, 25 April 2012

Amtenar band reggae lombok

Amtenar Amtenar
Salah satu pulau indah dan menjadi daya tarik para wisatawan di negeri ini adalah pulau Lombok. Nah, kalau berbicara soal reggae di Lombok, maka Amtenar merupakan sebuah band yang menarik untuk dibahas. Ya, Amtenar memang salah satu band reggae terkenal dari pulau tersebut.
Band ini pada mulanya bernama OP BOX pada sekitar tahun 2007.  Baru pada awal 2009, band ini berganti nama menjadi Amtenar. Menurut penuturan Igor (bassist) kepada kami, Amtenar diambil dari bahasa Belanda, yang berarti pejabat atau pegawai pemerintahan. Ya memang seluruh personel Amtenar bekerja sebagai PNS di Pemkot Mataram.
Selain nama, ternyata Amtenar juga mengalami perubahan warna musik. Pada awalnya, mereka memang menggarap musik pop rock. Bahkan, pada saat itu mereka berhasil merilis album pop rock pada tahun 2009, SILATURAHMI CINTA. Dalam album ini, diselipkan sebuah lagu dengan alunan reggae, yaitu lagu berjudul “Lombok I Love You”.
Siapa yang mengira jika album ini diapresiasi dengan baik oleh penikmat musik, terutama lagu “Lombok I Love You”. Atas desakan publik dan melihat kesuksesan single “Lombok I Love You”, akhirnya mereka beralih ke reggae sebagai warna musiknya. Sebagai bukti eksistensi mereka di reggae, mereka pun mengeluarkan album kedua, ”Kau dan Warnamu”. Salah satu hits di album ini adalah “Stay With Your Love”, yang konon mendapat apresiasi dari Tony Q Rastafara dan juga Stevan Kaligis (Tepenk).
Band ini mempunyai formasi sebagai berikut: Wen (vokal), Denny (gitar) Ovi (Synthesizer) Didit (gitar), Koes (drum) dan Igor (bass), Simon (keyboard) dan Ufy (Backing Vocal), Dan untuk bermusik, mereka di pengaruhi juga oleh musisi-musisi lokal maupun internasional. Sebut saja Bob Marley, UB 40, Iwan Fals, Slank,
Selain bermusik dan juga mengeluarkan album, mereka juga ada harapan dengan musik reggae ini. Mereka berharap reggae di Indonesia bisa lebih berkembang dengan warnanya sendiri, menemukan bentuknya sendiri. Dan tentu saja lebih bisa memasyarakat, dengan tetap membawa kekuatan reggae yaitu kritik-kritik sosial,perjuangan, nasionalisme dan cinta yang mendidik. Sebuah harapan yang tentunya senapas dengan tujuan nusareggae.

sumber:nusareggae.or.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar